RSS

PELESTARIAN LAUT

Greenpeace Brasil, cabang dari kelompok pelestarian global nirlaba, Greenpeace, yang berjuang demi solusi hijau bagi masalah lingkungan di seluruh dunia. Ekosistem lautan global yang sekarang terancam bisa dijadikan pelajaran. Riset akhir-akhir ini yang dipimpin Dr. Boris Worm dari Universitas Dalhousie di Halifax, Nova Scotia, Kanada, menunjukkan bahwa hampir setengah spesies dari lautan telah punah karena penangkapan ikan berlebihan. Pada saat yang sama, polusi lingkungan dan pemanasan global juga mengakibatkan kepunahan yang sangat besar pada spesies lautan, mengakibatkan pemutihan karang skala besar dan percepatan peningkatan zona mati di lautan.
Menurut studi terakhir oleh Institut Ilmu Kelautan Virginia, AS, ada lebih dari 400 zona mati yang diketahui di lautan dunia pada tahun 2008, dimana pada tahun 1960-an hanya ada 49 zona. Selama beberapa dekade Greenpeace telah memajukan kesadaran publik mengenai perlindungan lautan kita dan spesies lautan yang berharga seperti ikan paus melalui berbagai cara termasuk film. Kita akan melihat cuplikan dokumenter mengenai keadaan lautan di dekat Brasil yang berjudul “Apakah Laut Milik Kita?” yang diproduksi oleh Greenpeace Brasil.
Lautan, meskipun seluas yang bisa diukur dengan ukuran manusia, hanyalah lapisan tipis air yang menutupi sebagian besar planet kita. “Satu dunia yang sangat kecil, faktanya, sangat labil dan tergantung pada belas kasih kita” - Jacques-Yves Cousteau

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar